Senin, 06 Desember 2021

Modul 1.3 Aksi Nyata - Visi Guru Penggerak

 Membuat kesepakatan Kelas

oleh 

Ernawati, S.Pd

Calon Guru Penggerak Kota Tual




Latar Belakang

Di era millenial seperti sekarang ini, siswa di sekolah terlihat mulai kurang berfokus pada pembelajaran bahkan etika dalam belajar pun sudah mulai menurun. Hal ini bisa diakibatkan oleh pengaruh teknologi yang semakin canggih. Anak-anak yang masih awam akan mempergunakan gadget dengan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti kebanyakan anak main game tanpa memperdulikan pembelajarannya sebagai prioritas utama. Kebiasaan seperti ini dapat mempengaruhi anak-anak ketika belajar di kelas. Misalnya anak kurang memperhatikan tata krama dalam belajar, jika ada yang berbuat salah semua ikut berbicara, jika tidak diperhatikan berjalan atau keluar masuk kelas tanpa izin. Demikianlah sedikit gambaran yang mendorong saya untuk melakukan aksi nyata "membuat kesepakatan kelas". Selama mengikuti program Guru Penggerak ini saya menjadi yakin bahwa keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah dimulai dari adanya kesepakatan kelas antara guru dan murid. Jika dimulai secara tertib, maka akan berakhir secara terarah.

Tujuan

Adapun tujuan dari aksi nyata ini yaitu sebagai berikut:

  1. mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid
  2. mewujudkan visi murid yang merdeka dan merdeka belajar sesuai kodrat alam dan zaman yang dimiliki anak
  3. mewujudkan peserta didik yang memiliki profil pelajar pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada TYME dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berkebinnekaan global, kreatif dan bernalar kritis
  4. mewujudkan peserta didik yang memiliki nilai koolaboratif, inovatif, mandiri, reflektif dan berpihak pada murid
Deskripsi aksi Nyata

Pada awal pembelajaran guru dan siswa bersama-sama menawarkan kesepakatan dalam pembelajaran. Setelah kesepakatan-kesepakatan sudah disetujui bersama, maka kesepakatan tersebut menjadi pedoman ketika mengikuti pembelajaran. Dengan adanya pemberlakuan kesepakatan di setiap pembelajaran secara otomatis akan menciptakan kebiasaan-kebiasaan positif pada anak yang pada akhirnya akan merubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru sehingga dapat menciptakan prilaku baik pada anak terutama dalam kegiatan proses pembelajaran. Jika sudah tercipta prilaku siap belajar pada anak, dalam proses pembelajaran pun anak akan berfokus dengan pembelajaran.

Hasil Aksi Nyata

Adapun hasil yang diperoleh melalui pelaksanaan aksi nyata ini yaitu, sebagai berikut:
  1. Guru dan siswa berhasil membuat kesepakatan kelas terkait: kebersihan kelas, disiplin waktu, mengangkat tangan jika ingin bertanya, jika satu berbicara yang lain diam, meminta izin jika ingin keluar, berbicara yang sopan dan tidak berteriak, tidak berjalan di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung, tidak menggunakan tipex dan lain-lain. Kesepakatan ini akan berlangsung di setiap pembelajaran sesuai kebutuhan kelas.
  2. Siswa semakin tertib dan terarah mengingat kesepakatan yang telah dibuat dan tidak untuk dilanggar.
  3. Pembelajaran dapat menyenangkan sehingga memacu siswa aktif dalam pembelajaran
  4. Siswa dapat menciptakan ide-ide baru misalnya membuat kesepakatan baru dalam kelas
  5. Terdapat siswa mulai menyukai materi pelajaran.
Refleksi Aksi Nyata

Pelaksanaan aksi nyata ini dapat meningkatkan kesadaran guru dalam hal mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna tidak hanya ditentukan oleh guru namun keterlibatan siswa menjadi aset utama dalam menentukan cara atau metode belajar yang akan dilaksanakan. Guru dan siswa wajib membuat kesepakatan belajar sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan tujuan agar siswa dapat mengikuti pembelajarn yang menyenangkan dan mampu memahami materi pelajaran dengan baik sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa. Dengan adanya kesepakatan kelas juga dapat mendorong anak untuk merefleksi diri agar pada pembelajaran berikut siswa dapat menemukan kesepakatan baru yang tentunya menciptakan daya kreatif anak.

Rencana Perbaikan di Masa Mendatang

Hal-hal yang sudah dirasa baik yang telah dilakukan selama pelaksanaan aksi nyata akan terus dilakukan secara berkelanjutan dan konsisten. Untuk mengawali kegiatan pembelajaran pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang akan datang, kami akan membuat kesepakatan kelas bersama siswa dan terus melakukan evaluasi secara berkala terhadap kesepakatan kelas yang telah dibuat agar kesepakatan belajar tersebut dapat dijalankan dengan baik dan tidak ada lagi siswa yang melanggar kesepakatan yang telah dibuat bersama.

Dokumentasi Kegiatan
Siswa tertib dengan adanya kesepakatan kelas
Siswa yang melanggar melalui pendekatan sosial


Demikian hasil aksi nyata yang saya buat.
semoga bermanfaat

KM - 7 Oktober 2024

KM ad KUR dg pembelajaran intrakurikuler yg beragam dimana konten akan lebih optimal agar PD memiliki cukup waktu u mendalami konsep dan men...