1.1.a.8. Elaborasi Pemahaman - Konferensi 'Pemikiran Ki Hadjar Dewantara' oleh Perguruan Taman Siswa dan sekolah lain yang sudah menerapkan Merdeka Belajar
Setelah menyimak materi yang disampaikan oleh Majelis Luhur Perguruan Taman Siswa dan Praktik Baik dari sekolah lain yang sudah menerapkan pemikiran filosofis KHD yang belum tersampaikan selama belajar Filosofi pendidikan KHD oleh instruktur dan fasilitator, hal-hal baru yang dapat saya ambil antara lain:
1. Bagaimana KHD membangun pendidik yang berpihak pada anak
2. Kekuatan sosial budaya menjadi kekuatan bangsa untuk mendidik anak
3. Apa kekuatan siswa.
4. Contoh Praktik Baik di SPK Dyatmika Bali
Catatan-catatan penting yang dapat saya ambil untuk memperdalam pemahaman tentang pemikiran-pemikiran KHD yang dapat dikontektualkan di kelas, yaitu:
1. KHD terpengaruh pada revormasi pendidikan di Eropa sebelum PD II, yaitu Ponemik adalah melihat anak dijadikan sebagai subjek dan objek yaitu memanusiakan manusia berhamba pada anak.
2. Pendidik harus menyatu pada tripusat, yaitu Pendidikan Alam Keluarga, Pendidikan Alam Sekolah, Pendidikan Alam Masyarakat.
3. Anak akan berkembang maksimal asal selaras dengan kemajuan kodrat alam dan kodratzaman (era 4.0 menuju era 5.0)
4. Filosofi KHD harus dibumikan dengan program-program yang berpihak pada anak
5. Guru sebagai fasilitator yang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman
Ernawati, S.Pd
CGP AK 4 Kota Tual