Peran yang selama ini saya lakukan sebagai guru, seperti menjadi pemimpin dalam pembelajaran, misalnya dalam proses belajar mengajar saya dapat mendorong murid mencapai hasil belajarnya berdasarkan capaian kompetensi. Menjadi teladan dalam pembinaan karakter. Mewujudkan kepemimpinan murid melalui kegiatan diskusi, misalnya siswa mampu mempertanggungjawabkan hasil kelompoknya.
Peran yang jarang dilakukan adalah membentuk komunitas belajar. Hal ini masih jarang saya ditemui di lapangan. Ketentuan dan cara melakukannya bagi saya masih asing.
Peran yang paling diingat adalah menjadi bagian dari persiapan siswa mengikuti O2SN. Diawali dengan kegiatan tes awal kemudian memilih siswa yang sesuai dengan bakat dan potensinya. Selanjutnya memfasilitasi dan mendorong siswa dalam proses pembelajaran. Memberi peluang siswa untuk lebih mendalami mata pelajaran yang diampuh. Mempersiapkan dan mendukung siswa mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan. Melakukan refleksi dan evaluasi untuk kegiatan tindak lanjut.