Selasa, 02 November 2021

 

LEMBAR KERJA BEDAH LMS PLATFORM BELAJAR

 

 

Nama                           : ERNAWATI, S. Pd

Sekolah                        : SMP Negeri 4 Tual

 

Bahan

1.      LMS PPB H-1

 

Langkah-langkah Kegiatan

1.      Tuliskan inti pembahasan berdasarkan alur MERRDEKA!

2.      Tuliskan aktivitas peserta pada setiap alur MERRDEKA!

3.      Tuliskan tugas/produk peserta pada setiap alur MERRDEKA!

 

 

 

ALUR

INTI PEMBAHASAN

AKTIVITAS PESERTA

TUGAS/PRODUK PESERTA

M

Mulai Dari Diri

 Pemikiran Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

 

·        CGP membuat tulisan refleksi kritis tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara

·        CGP memberi ungkapan harapan dan ekspektasi mengenai pembelajaran pada modul

https://docs.google.com/document/d/1tkmQ2HtdATYoPFzUH6fM7JbOQimLt14L/edit?usp=sharing&ouid=105627387223807735563&rtpof=true&sd=true 

E

Eksplorasi Konsep

Pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial

Kerangka pemikiran Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Dasar-dasar Pendidikan

Metode Montessori, frobel dan taman Siswa

Praktik baik penerapan pemikiran filosofis pendidikan KHD berdasarkan konteks lokal sosial budaya di daerah asal


 Mengakses video tentang pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial dan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan

Mengakses video tentang kerangka pemikiran KHD

Membaca beberapa tulisan karya KHD

Mendapatkan penguatan pemahaman tentang pemikiran filosofi pendidikan dari instruktur

Mendiskusikan pertanyaan reflektif  terkait pemikiran filosofi pendidikan KHD dan relevansinya dengan pendidikan saat ini dan pendidikan pada konteks lokal sosial budaya di daerah asal

Berbagi pengalaman praktik baik penerapan pemikiran filosofis pendidikan KHD pada kontekas lokal sosial budaya di daerah asal

 https://draft.blogger.com/blog/post/edit/4401187245263725434/4116018028346070417

R

Ruang Kolaborasi

  Desain kerangka pembelajaran 

 

 

 

 

 Mendesain kerangka pembelajaran sesuai dengan konteks lokal sosial budaya daerah asal

 https://drive.google.com/drive/my-drive

R

Refleksi Terbimbing

 Pemikiran KHD sebagai pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran

 

 

 

 Merefleksikan pemikiran KHD sebagai pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran

 https://draft.blogger.com/blog/post/edit/4401187245263725434/4256320949630515899

D

Demonstrasi Kontekstual

  Karya dalam pemikiran filosofi KHD

 

 

 

 Membuat karya (video pendek, komik,lagu puisi, podcast, poster dll) dalam menjelaskan pemikiran filosofi KHD 

 https://draft.blogger.com/blog/post/edit/4401187245263725434/1791393695811335322

E

Elaborasi Pemahaman

  Diskusi langsung oleh perwakilan Perguruan Taman Siswa

Prakti-praktik baik beberapa sekolah terkait pemikiran filosofi KHD

 

 

 

 Mengikuti sesi diskusi langsung dalam bentuk konferensi filosofi pendidikan KHD yang disampaikan oleh perwakilan Perguruan Taman Siswa serta praktik-praktik baik beberapa sekolah lain untuk memperluas pemahaman mengenai pemikiran filosofi KHD

 https://draft.blogger.com/blog/post/edit/4401187245263725434/6014780499592138930

K

Koneksi Antar Materi

  Hubungan antara materi-materi dan kaitannya dengan praktik konkrit di sekolah asal

 

 

 

 Melihat lagi seluruh materi yang sudah dipelajari dari pemikiran-pemikiran KHD kemudian membuat hubungan antara materi-materi tersebut dan juga keterkaitannya praktek yang konkret bersama dengan murid dan rekan guru di sekolah asal

 https://draft.blogger.com/blog/post/edit/4401187245263725434/710916406722387837

A

Aksi Nyata

  Perubahan konkret di kelas dituangkan dalam jurnal refleksi secara rutin.

 

 

 

 Membuat perubahan konkret di kelas dan menuliskannya dalam jurnal refleksi secara rutin.

 https://draft.blogger.com/blog/post/edit/4401187245263725434/5827027466434425508

 

KM - 7 Oktober 2024

KM ad KUR dg pembelajaran intrakurikuler yg beragam dimana konten akan lebih optimal agar PD memiliki cukup waktu u mendalami konsep dan men...