REFLEKSI MINGGU KE-3
ERNAWATI, S.PD
CGP AK 4 KOTA TUAL
DESCRIPTION
Pada hari kedua minggu ke-3, Fasil meminta kami membaca dan memahami materi Nilai dan Peran seorang Guru Penggerak sejumlah 24 halaman pada LMS. Pada sesi ini kami melakukan aktivitas yang berbentuk paparan materi. Untuk mendukung pemahaman kami di beberapa bagian terdapat pertanyaan yang harus dijawab dan pada bagian lainnya kami diminta memberikan pernyataan ataupun pertanyaan yang kemudian didiskusikan secara bersama-sama.
EXAMINATION
Pengalaman selama mengerjakan modul 1.2.a.4 di LMS adalah dapat mengetahui dan memahami tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak yang kemudian kami aplikasikan di kelas. Jika sebelumnya kami sudah menerapkan hal ini baik di kelas maupun di luar kelas, akan tetapi setelah mengikuti program ini kami dapat menganalisis bentuk nilai dan peran guru penggerak kemudian kami dapat membandingkannya dengan pengalaman sebelumnya. Sebagai contoh yang hampir setiap hari kami lakukan adalah berperan menjadi pemimpin dalam pembelajaran yang terkadang hanya terfokus pada kurikulum dan assesmen saja tetapi kurang memperhatikan tumbuh kembang pada anak.
ARTICULATION OF LEARNING
Melalui materi ini kami dapat mempelajari nilai dan peran seorang guru yang penting untuk kami ketahui agar dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran di kelas ataupun di luar kelas. Terdapat 5 peran dari seorang guru penggerak yaitu mampu menjadi pemimpin pembelajaran, membentuk komunitas belajar, menjadi coach bagi guru lain, kolaborasi antar guru dan dapat mendorong kepemimpinan murid di sekolah. Adapun nilai yang diharapkan terus tumbuh dan dilestarikan dalam diri seorang guru penggerak yaitu (1) Mandiri, seorang guru penggerak termotivasi untuk mengembangkan dirinnya tanpa harus menunggu adanya pelatihan yang ditugaskan oleh sekolah ataupun dinas, (2) Reflektif, seorang guru penggerak mampu memaknai pengalaman di sekelilingnya, (3) Kolaboratif, senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap seluruh pemangku kepentingan yang berada di lingkungan ataupun diluar sekolah, (4) inovatif, senantiasa memunculkan ide atau gagasan baru, (5) Berpihak pada siswa. Harapan saya setelah mempelajari materi ini agar dapat menerapkan peran dan nilai seorang guru penggerak tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi juga di luar sekolah.
Demikian refleksi saya
Siap Bergerak, Tergerak dan Menggerakkan