Selasa, 02 November 2021

1.1.a.10. Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah

LAPORAN AKSI NYATA MODUL 1.1 FILOSOFI PENDIDIKAN PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA

OLEH: ERNAWATI, S.PD

CGP ANGKATAN 4 KOTA TUAL SMPN 4 TUAL

"Pembelajaran Model Problem Based Learning, Discovery Learning"


I. LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah memerdekakan manusia. Sebagai pendidik yang dituntut untuk menuntun anak sesuai dengan kodrat alam dan zaman yang dimiliki agar mereka mencapai kemerdekaannya dalam belajar. Akan tetapi sering kita temui di lapangan justru dengan memaksa anak apa yang diinginkan oleh guru. Seiring dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini, murid lebih senang belajar dengan caranya sendiri. Oleh karena itu, tentunya sebagai pendidik perlu mengetahui karaketistik murid sebelum kegiatan proses belajar mengajar dilaksanakan agar dapat diketahui minat dan potensi setiap siswa. Melalui kegiatan ini saya menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah dengan Observasi Literasi melalui buku paket, peta dan internet.

II. TUJUAN
Tujuan yang ingin dicapai adalah:
1. Mewujudkan merdeka belajar dan menumbuhkan rasa tanggungjawab bagi peserta didik
2. Mewujudkan profil pelajar pancasila yang Kreatif, Bernalar kritis dan Bergotong royong
3. Mengetahui kemampuan peserta didik dalam penggunaan sumber belajar terutama internet
3. Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran sehingga mampu menciptakan karya yang inovatif

III. DESKRIPSI AKSI NYATA
Pada kegiatan Aksi Nyata ada beberapa tahap kegiatan antara lain:
1. Membuat kesepakatan kelas bersama peserta didik
2. Tahap observasi literasi. Pada tahap ini peserta didik mengumpulkan data dan mengolah data melalui observasi literasi dari buku, peta dan internet.
3. Berdiskusi bersama anggota kelompok. Pada tahap ini setiap anggota kelompok bekerjasama, saling berbagi pendapat, peduli antar sesama 
4. Peserta didik menyiapkan laporan yang telah disiapkan kemudian mempresentasikan hasil observasi. Pada tahap ini peserta didik menuliskan hasil laporan dan mepresentasikannya secara kreatif
5. Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pesan-pesan moral kaitannya dengan Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di 5 benua

IV. FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
1. Faktor pendukung
- Orang tua peserta didik
- Kepala sekolah dan rekan guru
- Ruang kelas
- Media dan sumber belajar

2. Faktor penghambat
- Keterbatasan daya listrik saat penggunaan media proyektor/LCD
- Hanya beberapa siswa yang memiliki HP android

V. RENCANA PERBAIKAN DI MASA MENDATANG
1. Melakukan pembelajaran di luar kelas
2. Lebih inovatif dalam menerapkan metode pembelajaran
3. Mendorong siswa menghasilkan karya yang berbasis IT

VI. TESTIMONI

Testimoni peserta didik setelah mengikuti pembelajaran Problem Based Learning - Discovery Learning.
Peserta didik mengikuti Penilaian Harian dengan tertib dan menjawab soal secara kritis yaitu menganalisis dan mengevaluasi pemikirannya sendiri.









KM - 7 Oktober 2024

KM ad KUR dg pembelajaran intrakurikuler yg beragam dimana konten akan lebih optimal agar PD memiliki cukup waktu u mendalami konsep dan men...