Selasa, 09 November 2021

Pengalaman sehubungan dengan nilai dan peran yang selama ini saya lakukan di kelas terkait dengan pemimpin pembelajaran dalam proses belajar mengajar pada kegiatan diskusi. Pada kegiatan diskusi guru memberikan kebebasan pada murid mulai dari penentuan kelompok, memilih peran dalam diskusi. Sehubungan dengan nilai dalam kegiatan diskusi siswa mengolah informasi secara kritis dan mempresentasikannya secara kreatif. Agar peran ini dapat tumbuh dan terus berkembang guru menjalankan peran yang senantiasa berorientasi pada tumbuh kembang anak serta dapat menanamkan nilai kreatif pada setiap hasil karya anak




.


Pengalaman 1
Pada kegiatan diskusi, membebaskan siswa memilih kelompok masing-masing, dan memilih peran dalam diskusi. Siswa melakukan observasi literasi dan mengolah informasi secara kritis. Setiap anggota kelompok saling bekerja sama kemudian menuliskan dan mempresentasikan hasil diskusi secara kreatif

Pengalaman 2
Mengikuti sosialisasi kurikulum literasi dan numerasi, pada kegiatan tersebut kami diminta membuat ii kerangka RPP yang disesuai dengan profil pelajar siswa.

Pengalaman 3
Mendampingi siswa persiapan O2SN. Pada kegiatan ini diawali dengan tes awal kemudian memilih siswa yang sesuai dengan kriteria penilaian. Kemudian membimbing dan memfasilitasi siswa. Mengatur jadwal siswa dalam penguatan materi. Mempersiapkan siswa dengan tetap memperhatikan kondisi kesehatan dan mental siswa.


Taksonomi SOLO

Dalam proses pembelajaran, guru perlu memahami sejauh mana murid mengerti materi yang diajarkan. Tidak cukup hanya menilai dari benar atau s...