Selasa, 26 Oktober 2021

REFLEKSI TERBIMBING - PRESENTASI KERANGKA FILOSOFIS MERDEKA BELAJAR


 

Refleksi Terbimbing - Presentasi Kerangka Filosofis 'Merdeka Belajar' 

    Apa pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara                    mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara?

Setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara saya mendapat pengetahuan baru berkaitan dengan potret pendidikan zaman kolonial hingga setelah merdeka. Pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang dapat merubah kehidupan pendidikan, sosial, budaya, dan politik bangsa. Dari aspek pendidikan, setiap orang mendapatkan kemerdekaannya dalam pengajaran, dalam kehidupan sosial menciptakan keselarasan dan keserasian, adanya persamaan hak dan kewajiban serta menghilangkan adanya perbedaan dalam status sosial antara priyai dan pribumi. Dalam kehidupan budaya seperti pemberian nama gelar kebangsawana ditiadakan. Dalam kehidupan politik seperti gelar kebangsawanan tidak lagi digunakan untuk menghilangkan hubungan feodalistik yang dilakukan oleh sistem pendidikan kolonial Belanda, dimana kelas Ningrat atau bangsawan dianggap lebih superior daripada pribumi.

Gagasan pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara yang menerapkan sistem Taman, Pamong dan Among adalah terinspirasi dari pemikiran Frobel dan Montessori.

Setelah melakukan kegiatan ini ada banyak pengalaman yang saya dapatkan mulai dari komunitas belajar, mengerjakan LMS, hingga berbagai upaya menerapkan apa yang saya dapatkan di kelas.

Apa kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini?

Saya mampu bekerjasama/berkolaborasi, mempunyai integritas dan mental yang kuat untuk beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran. 

Apa hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini?

     Hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman         baru berkaitan dengan proses pembelajaran yang selama ini saya lakukan. Selama ini saya hanya         berfokus pada capaian hasil berupa nilai tanpa memikirkan kebebasan murid untuk mencapai                 kemerdekaan belajar. Pada proses pembelajaran siswa tidak dipetakan sehingga saya lebih berfokus      pada siswa yang capaian belajarnya sesuai KKM. Melalui kegiatan ini saya mendapatkan                     pengetahuan bahwa setiap anak harus merdeka dalam belajar dan sebagi pendidik tentunya sangat         berperan dalam menuntun mereka agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-                tingginya.

       Apa perubahan konkrit yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar           Dewantara

    Perubahan konkrit yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran KHD, barangkali akan saya     mulai dari diri sendiri dengan mengubah cara pandang saya. Kemudian akan saya lukukan pada            kegiatan pembelajaran di kelas dengan menciptakan merdeka belajar pada anak sesuai dengan kodrat alam dan zaman yang dimiliki anak.

 Wa


KM - 7 Oktober 2024

KM ad KUR dg pembelajaran intrakurikuler yg beragam dimana konten akan lebih optimal agar PD memiliki cukup waktu u mendalami konsep dan men...